Skip to main content

Itinerary and Budget South Korea Trip [May 2016]

Setelah sepuluh postingan sebelumnya itu menceritakan tentang kejadian apa aja yang terjadi selama perjalanan gw, Nono dan Anita di Korea Selatan pada tanggal 1 – 10 Mei 2016, kali ini gw akan memposting mengenai keseluruhan itinerary kita dan juga budget gw selama traveling kemaren.

Sebelum liat itinerary aktual kita pas di Korea Selatan, ini gw kasih liat itinerary yang kita rencanain sebelum berangkat: (please click and then open image in new tab for bigger resolutions)

Rencana Itinerary di Korea Selatan

Itinerary-nya padat banget yaa hahaha.. Kesalahan besar dari rencana itinerary kita adalah gak ngasih estimasi untuk perjalanan ke lokasi wisatanya. Jadi secara timing, banyak yang miss. But it’s okay selama bisa menikmati traveling itu sendiri.

Nah untuk yang itinerary aktual, mungkin sebagian besar agak kurang akurat sih. Soalnya kan gak catet waktu persisnya. Tapi secara umum itinerary kita tuh kaya gini: Please click and then open image in new tab for bigger resolutions :)

Itinerary Aktual selama Traveling di Korea Selatan

Jadi gw membagi seluruh kegiatan selama traveling jadi lima bagian, yaitu: Eat, Flight, Other, Tourist Attractions dan Travel to tourist attractions.
  • Eat, itu saat kita lagi makan. Entah breakfast, lunch atau dinner.
  • Flight, itu saat kita lagi dalam penerbangan
  • Other, itu kegiatan lain-lain yang kita lakuin. Contohnya saat istirahat, check-in dan nunggu boarding.
  • Tourist Attractions, itu saat kita lagi ada di lokasi wisata
  • Travel to tourist attractions, itu saat kita lagi di jalan menuju ke lokasi wisata atau lokasi lainnya


Ternyata sebagian besar waktu traveling kita bertiga kemaren itu habis di jalan. Karena ternyata untuk transit di satu subway station aja, jarak dan waktunya variatif. Ada yang dekat dan ada yang jauh banget. Kalau download aplikasi subway Seoul, di situ ada estimasi waktu transitnya juga. Tapi please note that kecepatan jalan tiap orang kan beda. Selain itu, kita bertiga juga gak terlalu merhatiin kita naik di rangkaian kereta nomor berapa, jadi mempengaruhi juga waktu selama transit itu.

Selain itu, karena kita bertiga anak yang lemah dan mudah lelah karena udah kebanyakan jalan #sedih #tapibenar, jadinya kita sering istirahat dulu. Entah itu di subway station, sekitar lokasi wisata atau pun di taman. Ada banyak itinerary asli yang juga kita skip karena gak mau maksain. Hei, kita lagi liburan bukan lagi ngejar deadline! So we just take our time.

Kesimpulan gw sendiri untuk perjalanan kita bertiga kemaren itu cukup sesuai dengan itinerary yang kita buat. Meskipun gak bisa dateng ke semua tempat, tapi kita bertiga merasa cukup puas karena kita hampir ke semua tempat yang harus didatengin kalo lagi traveling ke Korea Selatan, kecuali N Seoul Tower (pada bete karena nyasar soalnya haha..).

Nah untuk budget, gw akan share pengeluaran gw selama traveling. Tiap pengeluaran gw bikin jadi kategori gitu lho, biar ngeliatnya enak. Toh males juga kan ngeliat rinciannya via blog. Later on please comment below kalo mau gw kirimin excel budget traveling gw.

Ini adalah pengeluaran yang gw keluarin sebelum berangkat ke Korea Selatan: 

Pengeluaran sebelum berangkat ke Korea Selatan

Pengeluarannya terdiri dari tiket pesawat, Tune Hotel KLIA 2 dan Visa Korea Selatan. Tiket yang Air Asia CGK – ICN PP itu termasuk sharing bagasi pulang 20 kg sama Anita, terus gw beli bagasi tambahan 20 kg untuk berangkatnya. Tiket Jeju Air dan Eastar Jet itu dibayar pake CC-nya Anita, nilai yang di tabel itu jumlah yang gw transfer ke Anita untuk bayar tiketnya. Kan di akhir bulan, tagihan CC-nya keluar jadi biar bisa langsung dilunasin sama Anita.

Berikut adalah pengeluaran yang gw kelarin saat lagi traveling di Malaysia dan Korea Selatan: (Oh ya, rate gw nukar uang itu 1 won = Rp. 12,-)

Pengeluaran saat traveling di Korea Selatan

Biaya makan dan minum: termasuk beli makanan selama penerbangan di Airasia, dan makan di Korea Selatan. Kita bertiga makan di restoran Korea itu cuma tiga kali dan pilih makanan untuk barengan, jadinya kalo makan jumlahnya selalu dibagi tiga. Udah gitu, kebanyakan kita makannya onigiri yang beli di minimart. Yang bawa bekal makanan itu cuma gw, itu pun cuma 4 pop mie mini. Jadi emang selalu beli makanan.

Biaya transportasi: termasuk beli T-money dan isi ulangnya, juga naik taksi. Ongkos naik subway itu lumayan mahal lho. Sekali naik itu sekitar 1.250 won,  jadi sekitar Rp. 15.000,-. Dalam satu hari itu bisa berkali-kali naik subway, jadi biayanya juga lumayan. Kita bertiga juga banyak naik taksi di Jeju, jadinya pengeluarannya jadi lebih banyak dari pada cuma naik bus. Setiap naik taksi, ongkosnya juga dibagi tiga.

Biaya jajan untuk diri sendiri: ini tuh biaya jajan gw hahaha.. Contohnya adalah beli kosmetik yang buat gw sendiri, beli kacamata hitam sama beli tas hahaha..

Biaya penginapan: ini biaya penginapan selama di Korea Selatan. Ini jumlahnya juga udah dibagi tiga. Kita itu booking-nya via booking.com dan karena mau nyaman, jadinya selalu milih kamar yang untuk 3 orang. Jadinya lebih mahal daripada di guesthouse yang tipe kamarnya dormitory. Penginapan kita itu MK Liberty House dan Kam Guesthouse di  Seoul dan Olleh Tourist Hotel di Jeju. Kita juga pilih penginapannya yang deket sama subway station dan Jeju Intercity Bus Terminal, biar aksesnya gampang.

Biaya oleh-oleh: ini biaya oleh-oleh buat temen-temen dan orang kantor. Untuk temen-temen sih gw beliin masker wajah Innisfree yang buy 10 + 10, gw belinya 20 jadi total ada 40. Untuk orang kantor, gw beli kopi Korea dan cokelat Omija dari Jeju. Untuk orang-orang tertentu gw beliin magnet kulkas, gelang, tas khas Korea, juga sendok dan sumpit Korea.

Biaya tiket masuk: ini biaya tiket masuk ke lokasi-lokasi wisatanya, contohnya Sangumburi Crater, Teddy Bear Museum, dan Play KPOP. Ada beberapa lokasi wisata, contohnya Palace yang lagi free entrance, jadinya bisa hemat beberapa ribu won.

Biaya lain-lain: ini semua biaya selain yang udah gw jelasin di atas, contohnya titipan temen, sewa WIFI Korea dan sewa hanbok.

Sejujurnya gw gak tau sih ini termasuk mahal atau murah, tapi di antara gw, Nono dan Anita, gw yang pengeluarannya paling sedikit. Karena jajan kosmetiknya dikit hahaha... Mereka mah dikit-dikit masuk ke toko kosmetik, gw aja ampe bingung ngapain masuk dan keluar toko kosmetik mulu. Padahal mah titipan ama yang buat sendiri udah dibeli ckckck.. #anaknyagakpahamkosmetik hahaha..

Dengan pengeluaran segitu, gw pribadi sih merasa puas. Gak mau terlalu pelit juga sih buat diri sendiri, ntar malah jadinya gak bisa enjoy traveling. Tapi gak terlalu boros juga, apalagi laper mata padahal mah gak butuh barangnya. Yaaah.. sesuatu yang terlalu berlebihan itu emang gak baik kan!? Selama masih dalam batas wajar mah gpp lah ya hahaha..

Semoga postingan gw tentang itinerary dan budget ini bisa ngebantu siapa pun yang lagi blog-walking untuk cari informasi tentang itinerary dan budget jalan-jalan ke Korea Selatan. Karena gw sebelum berangkat pun amat dan sangat terbantu oleh blogger yang berbaik hati membagi pengalaman mereka. Jadi gw pun ingin bisa membantu dengan berbagi tulisan tentang pengalaman gw.

Postingan sebelumya mengenai kejadian selama traveling gw, Nono dan Anita:


P.S.: please comment and give me your email address below, kalau mau dikirimin rincian biaya  atau itinerary travelling yang per harinya. 

Comments

  1. Hallo Mba Hidayah..:)
    Boleh di-share itinerary Korea-nya yg versi excell kah Mba?
    Jika berkenan,please email ke anik.rurin@gmail.com
    Thankiuu,,, :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Done..
      Maaf ya baru buka blog lagi :)

      Delete
    2. Haii mba,,
      safely received yaa itin-nya :):) makasihh banget buat jadi referensi.. Awal November nanti saya berangkat ke Korea, deg-deg an yet excited nii hihiihi.. Skrg sdg prepare kelengkapan dokumen buat Visa. Bismillah... Wish me luck yaa,, hehhehe

      Delete
    3. Good Luck yaa.. semoga aplikasi visanya lancar :D

      Delete
  2. halo mba hidayah, boleh share versi excel itinerary-nya?? email: wulandari.indah@yahoo.co.id aku kebetulan brgkt ke korea maret akhir 2017, kira2 tempat rekomended apa aja ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Done. Maaf baru dikirim yaa haha..
      Semua tempat yang ak datengin recommended sih haha.. Saran ak bawa jaket dan baju yang tebal, karena itu abis winter kan ya. Anginnya pasti bakal dingin banget. Anak tropis gak bakal sanggup haha..

      Delete
  3. Kak boleh minta itinerary nya yg versi excel? kirim ke thepetrichor123@gmail.com yaa.. makasihh

    ReplyDelete
  4. mba aku mau juga dong hehe tolong itenerarynya dikirim ke capacii07@yahoo.com ya tks :)

    ReplyDelete
  5. Mba aku mau dong itinenary nya ke ayunurlisma77@gmail.com
    Ada rencana kesana soalnya hehe

    ReplyDelete
  6. halo mba.. mau dikirimin rincian biaya atau itinerary travelling yang per harinya dong..yang versi excel..
    ini email saya..
    ryn.emairu@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Mbak Aku mau juga dong itinerary nya, plus hotel recommend nya yang excel ke annisa.amalianew@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum. Senang bsa baca blognya. Sangat membantu. Salam kenal. Namaqu siti dri surabaya. Mgkn bsa bntu share excel itinerary sama rincian biayanya ga sis? Email aq lilyferdian@gmail.com makasih 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam. Salam kenal ya Siti. Udah diemail yaa, maaf baru dikirim :)

      Delete
  9. Selamat Siang Mbak... Terima kasih sudah berbagi...bisa jadi tambahan untuk planning ke Korea... bisakah saya minta itinerarynya kah mbak yg Excel...terima kasih.. mohon dikirim ke ivanandino@gmail.com...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang, udah diemail yaa.. maaf baru dikirim :)

      Delete
  10. Malam kak ... Boleh minta itenary nya gak? e-mail : gronica17@gmail.com
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeh kok. udah diemail yaa.. maaf baru diemail :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hye and Assalamualaikum Ms.Hidayah..mahu request jugak itinerary versi excel..before and after pergi..heee and kalau boleh skali dengan fees untuk masuk tempat2 yg dikenakan fee..tapi kalau takde..itinerary saja sudah sgt membanth..terima kasih benget ya😊 ummisyairaq@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam dan Hai juga Ummi, udah diemail yaa.. maaf baru dikirim :)

      Delete
  13. itinerarynya detail dan lengkap banget... tinggal nyontek dan cus aja nih *siapin tas dan koper* XD

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum hidayah, suka deh tulisannya lengkap bgt,, boleh minta itinerary & rincian budgetnya before after pergi dan htm setiap wisatanya klo ada dlm versi excel ke email aku tammy.ktb13@gmail.com

    Many Thanks.. Tami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Tami, mohon maaf ya baru di-email. Semoga bermanfaat dan terima kasih udah mampir :)

      Delete
    2. iyaa makasih yah hidayah, udah sampe emailnya.

      Delete
  15. Kak boleh minta itinerarynya jg ya kak ... email aku atsilahulfah@yahoo.com mksh ka

    ReplyDelete
  16. Kak. Isa kirimin intinerary ya ke email dicnaaktenar94@gmail.com. Tolong ya kak. Rencana bulan november ke sana

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum halloo mbak Hidayah salam kenal yaaaa :)
    Mbak, boleh minta itinerarynya yang file excel?
    Mohon dikirimkan ke alamat email ini ya mbak hafsyahzahara@gmail.com
    Rencana bulan Mei tahun depan mau ke sana.
    Terimakasih sebelumnya :)

    Cheers,
    Chacha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget aku lagi buka blog hari ini, jadi bisa langsung di-email deh hehe.. udah dikirim yaa..

      Delete
  18. Hai Mba Hidayah, salam kenal yaa... What a good information! It's really helpfull. Big thanks! Untuk tambahan referensi aku. hehehe
    Aku boleh minta itinerary versi Excel nya juga kah? mohon di email ke alamat ssanti.trisna95@gmail.com
    Makasih banyak yaah...

    Anyway, aku mau invite readers juga nih, siapa tau ada yang mau Backpacker ke Seoul kisaran bulan November 2018 (Flexible; Cari tanggal merah)
    Aku baru berdua nih sama temenku... yang minat bisa email ya. Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Susanti, salam kenal juga ya. Terima kasih apresiasinya dan juga terima kasih udah mampir. Itinerary-nya udah di-email yaa..

      Delete
  19. boleh minta itenary dan rincian biaya nya?
    erinerosa@gmail.com

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  20. Hai mba Hidayah, salam kenal. Boleh tah minta itenary dan rincian biaya nya?
    mintol kirim ke : julianna.napit70@gmail.com
    Rencana bulan Mei ini ke Korea.

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  21. Kak boleh minta itinerary dan rincian biayanya gk kak? Rahmimarisaputri@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum..

    Boleh minta itinerary dan budgetnya mba ? ke mell.ismadi@yahooo.de

    Thank You

    ReplyDelete
  23. Hallo, boleh minta itinerary dan budgetnya mba? rdesvarani@gmail.com

    Thank You :)

    ReplyDelete
  24. hai kak salam kenal, kebutulan saya ada rencana travelling ini, boleh share juga buat itinerary and budgetnya gak kak? terimakasih sebelumnya
    di email pancaningrumendar@gmail.com ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Salam kenal juga yaa.. Mohon maaf banget baru dikirim itinerary-nya. Baru sempet buka blog soalnya. Semoga bermanfaat ya Sis haha..

      Delete
  25. Halo mba infonya sgt bermanfaat. Boleh sy dapat itineraries by email yeyenisfu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Udah di-email yaa.. Mohon maaf baru dikirim. Semoga bermanfaat yaa.. :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Artikel Cinta

Assalamualaikum Wr. Wb. Untuk postingan kali ini gw akan memasukkan mengenai sebuah artikel yang bertemakan cinta. Hahaha… buat yang kenal sama gw pasti heran banget. Eits... ini juga request dari Ipun lho. Haha… Kembali ke topik kita, artikel ini sudah gw miliki sejak SMA, karena dikasih dari teman. Jangan salah paham dulu, pas SMA dulu ada tugas (lupa pelajaran apa) ujungnya suruh cari artikel tentang cinta. Dulu gw ngerasa kayanya kata-kata di dalam artikel ini ada di dalam suatu film tapi lupa judulnya. Hehe… Artikel ini didapatkan dari http://www.webspawner.com/users/arsipcinta/index.html Apakah cinta itu? Mereka yang tidak menyukainya, menyebutnya tanggung jawab. Mereka yang bermain dengannya, menyebutnya sebuah permainan. Mereka yang tidak memilikinya, menyebutnya sebuah impian. Mereka yang mencintai, menyebutnya takdir. Kadang Tuhan yang mengetahui apa yang terbaik, akan memberi kesusahan untuk menguji kita. Kadang Ia pun melukai hati, supa

Aqours - Yume Kataru yori Yume Utaou

Yume Kataru yori Yume Utaou (Rather Than Talking About Our Dreams, Let's Sing Them) Aquors OST Love Life! Sunshine!!

Goes to Putrajaya [Malaysia] #Day1

Minggu, 1 Mei 2016. Harusnya jadi hari yang ditunggu-tunggu. Karena tanggal 1 Mei gw, Nono dan Anita berangkat ke Korea Selatan. Yeaay.. Namun, karena masih ada kerjaan sampingan yang masih harus diselesaikan, hancurlah mood pagi itu #duileh.. Baru deh 5 menit sebelum berangkat, saat semuanya udah rapih dan tinggal pamitan sama Nyokap, barulah excitement karena mau ke Korea muncul hahaha.. Setelah sampe di Bandara, gw ketemu sama Nono dan kedua orang tuanya. Kenalan dan ditanya udah sehat atau belum haha.. Ternyata Nyokapnya Nono doain gw biar cepet sembuh dan bisa ikut travelling. Soalnya beliau was-was kalo Nono cuma berdua aja ama Anita. Sambil makan, kita nungguin Anita yang ternyata dianterin sama cowok gitu lho. Pake cipika-cipiki lagi ihiiiiy.. jadi bahan kepo deh ntar hahaha.. Setelah pamitan sama orang tuanya Nono dan masuk terus ampe akhirnya duduk manis nungguin pesawat, ternyata pesawatnya delay. Akhirnya gw sama Nono bikin video muter-muter gitu deh, ala-ala vl