Pada posting-an kali ini, gw mau share pengalaman ganti rugi paket gw yang rusak saat dikirim oleh ekspedisi Ninja Xpress. Gw ceritanya berdasarkan kronologis aja ya biar lebih asik haha…
30 Januari 2021
Sekitar sabtu siang, gw udah selesai packing paket gw. Paketnya itu berupa bingkai foto yang berisi ucapan selamat atas pernikahannya Emma. Udah jadi ritual di grup Lantai 4 kalau ada yang nikah pasti dibikinin ucapan juga. Ukuran bingkainya sebesar kertas A3. Ini foto ucapan sebelum dibungkus:
Foto ucapan sebelum dibungkus |
Bingkai foto tersebut gw bungkus pake lembaran kardus untuk nutupin kacanya. Selain itu, gw bungkus pake 2 lapis bubble wrap dan gw pasang stiker fragile juga. Untuk finishing touch-nya, gw ikat tali rafia di sisi kanan dan kirinya, jadi biar bisa dijinjing gitu lho. Kebayang gak? Hehe… Gw gak foto paketnya sebelum dikirim sih.
Setelah rapi, gw pesan pick up Ninja Xpress via aplikasi Grab. Jadi Grab bekerja sama dengan Ninja Xpress untuk pengiriman antar kota. Paket gw di-pick up sekitar jam 16. Saat itu gw bilang ke kurirnya bahwa isinya adalah bingkai foto dan suruh hati-hati sama paketnya. Biaya pengirimannya Rp. 10.000 dan dibayarkan cash ke kurirnya.
7 Februari 2021
Udah lewat seminggu sejak kirim paket dan gw heran kenapa paketnya belum sampe juga. Gw cek di tracking history-nya kalau paketnya masih diproses di Ninja Van warehouse. Gw curcol lah ke anak-anak Lantai 4 yang ada di grup Kado Nikahan Emma.
Tracking history paket gw |
Anita bantu cariin kontak call centre-nya Ninja Xpress dan akhirnya gw telepon saat itu
juga. Setelah gw hubungi call centre-nya, ternyata kondisinya saat itu ada
masalah di paketnya dan masih dalam tahap investigasi. Kemungkinan besar sih
frame-nya pecah. Gw disuruh tunggu info selanjutnya dalam 3 x 24 jam.
Kontak Ninja Xpress |
15 Februari 2021
Udah lewat seminggu dari hari terakhir gw hubungi call centre Ninja Xpress dan gw masih belum dapat informasi terkait kondisi paketnya. Akhirnya gw telepon lagi call centre-nya. Ternyata hasil investigasinya udah selesai dan paket gw dinyatakan rusak dan saat ini udah dikirim ke gudang akhir mereka di Jagakarsa.
Ganti rugi hanya berupa pengembalian dana aja. Gw ditanya pake asuransi atau gak, tapi seinget gw sih gak ada pilihan untuk nambah asuransi saat pesen di Grab. Saat itu gw lupa untuk nanya detail, apakah yang dikembalikan hanya ongkirnya aja atau bisa dikembaliin seharga barangnya. Tapi saat itu gw diminta nomor rekening untuk pengembalian dana sih. Jadi gw kasih aja rekening Mandiri gw.
Anak-anak di grup Kado Nikahan gw kabarin kan terkait perkembangan terakhir paketnya, mereka pada emosi gitu hahaha… Kenapa paketnya gak dikembaliin ke gw tapi malah dikirim ke gudang akhir mereka? Trus ganti ruginya juga harusnya gak cuma seharga ongkir aja. Yaah begitulah…
Akhirnya gw beli frame-nya lagi, tapi kali ini dikirim ke alamat rumahnya Ipun. Karena sesama warga Depok, harusnya nanti ongkir kirim ke Emma-nya lebih murah kalau pake Grab Send.
17 Februari 2021
Sekitar Rabu siang, gw ditelepon sama CS-nya Ninja Xpress. Kalau gak salah terkait konfirmasi untuk pengembalian dananya. Akhirnya gw tanya berapa besaran pengembaliannya, katanya sih 10x lipat dari biaya ongkirnya. Di sistem mereka tercatat kalau ongkir yang gw bayarkan adalah Rp 14.500, sementara itu seinget gw, gw bayarnya cuma Rp. 10.000. Gak ngerti gw kenapa bisa beda gitu.
CS-nya dengan ramah menjanjikan bahwa akan membantu sampai proses pengembalian selesai dan menanyakan apakah kasusnya sudah bisa ditutup atau belum. Gw mengiyakan aja karena gw pikir yaudahlah kalau ada pengembalian alhamdulillah kalau gak ada yaudah. Udah pasrah sih. Capek juga ngurusin paket beberapa minggu terakhir kan ya.
27 Februari 2021
Gw tiba-tiba inget sama ucapan yang di Ipun,
apakah udah dikirim ke Emma atau belum. Katanya sih udah diterima sama Emma, tapi
karena dia sibuk, jadi belum sempet bilang ke grup Lantai 4. Trus Ipun nanya
terkait pengembalian dananya. Honestly gw juga baru inget dan akhirnya
baru gw cek. Di rekening gw ada uang masuk dan setelah gw googling
keterangannya, ternyata itu nama perusahaannya si Ninja Xpress. Alhamdulillah ternyata
pengembalian dananya udah masuk dari tanggal 18 Februari 2021 dan jumlahnya Rp
145.000. Akhirnya kelar juga nih masalah perpaketan ini.
Pengembalian dana dari Ninja Xpress |
Lesson Learned
Personally, kalo menurut gw ada beberapa pelajaran
yang bisa diambil dari kejadian ini:
- Kalau misalnya barangnya fragile, mungkin lebih baik dikirim pake Grab Send aja yang lebih aman, meskipun harganya lebih mahal
- Kalau ada masalah gini harus proaktif untuk hubungi call centre-nya. Tapi kitanya juga harus ramah, biar sama-sama enak.
Kalau ditanya masih mau atau gak pakai jasa Ninja Xpress via aplikasi Grab, gw sih yes. Tapi balik lagi ke jenis barang yang dikirim sih hehehe…
Semoga posting-an kali ini bisa membantu
orang-orang yang mungkin sedang mengalami masalah yang sama. Semoga masalahnya
bisa segera selesai ya, aamiin… see you on the next post!
Comments
Post a Comment