Skip to main content

Bersyukur Kuliah di UI

Siang ini, gw dan Icu lagi chatting diskusi tentang salah satu isian di application form-nya World Bank Scholarships. Bahasannya adalah tentang pertanyaan ini:
At the current US exchange rate, what is your best estimate of the total cost (tuition and other university fees) of the highest university degree that you have earned?
Icu nanya apakah itu total biaya sebelum dapat BOP-B atau sesudah BOP-B. Gw bingung juga kan, gw kira sesudah dapat BOP-B, tapi kayanya sih lebih pas yang sebelum. Akhirnya gw sama Icu memutuskan untuk masukin biaya kuliah full tanpa BOP-B.

Buat yang gak tau, BOP-B adalah Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan dimana biaya kuliahnya itu disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. Kalau gw gak salah inget, sistem ini mulai berlaku dari angkatan 2008. Angkatan 2007 biaya pendidikannya masih dipukul rata, tapi yaa gak semahal jaman gw juga sih. FYI, gw angkatan 2009.

Balik lagi soal beasiswa tadi, habis itu gw langsung hitung-menghitung berapa besar biaya gw tanpa BOP-B. Gw juga sempet nanya anak-anak di grup Lantai 4 berapa biaya uang pangkalnya, karena gw lupa haha..

Setelah selesai menghitung biaya dan juga persentase BOP-B terhadap biaya kuliah gw, gw pun langsung sedih dan terharu. Dari total biaya full 100%, BOP-B itu nanggung 86% biaya kuliah dan gw jadi hanya harus bayar sekitar 14%-nya. Masya Allah!!

فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar-Rahman [55])

Pengen nangis rasanya! Kehidupan gw yang kala itu bener-bener ada di bawah dan langsung lemes begitu liat biaya kuliah, juga Nyokap gw yang bingung gimana cara bayar biaya kuliah segede itu, gw pun jadi gak yakin bisa kuliah. Tapi semua keadaan itu diselamatkan oleh sistem BOP-B.

Karena itu gw jadi amat sangat bersyukur terhadap kebijakan UI terkait sistem BOP-B. Juga sangat berterima kasih kepada teman-teman UI yang bayar kuliah dengan biaya penuh. Terima kasih karena kalian semua gw bisa kuliah, bisa jadi sarjana teknik dan bisa membuat kehidupan gw saat ini jadi jauh lebih baik dari awal gw masuk kuliah. Terima kasih banyak! ;')

Semoga ilmu yang gw dapatkan di UI bisa bermanfaat bagi Indonesia. Aamiin..

PS: I love you, UI


Wisuda!!

Comments

Popular posts from this blog

Itinerary and Budget South Korea Trip [May 2016]

Setelah sepuluh postingan sebelumnya itu menceritakan tentang kejadian apa aja yang terjadi selama perjalanan gw, Nono dan Anita di Korea Selatan pada tanggal 1 – 10 Mei 2016, kali ini gw akan memposting mengenai keseluruhan itinerary kita dan juga budget gw selama traveling kemaren. Sebelum liat itinerary aktual kita pas di Korea Selatan, ini gw kasih liat itinerary yang kita rencanain sebelum berangkat: ( please click and then  open image in new tab  for bigger resolutions ) Rencana Itinerary di Korea Selatan

Starry Night

Dalam liburan ini, beberapa waktu dihabiskan dengan membaca buku yang dipinjam dari Perpustakaan Pusat UI. Buku-buku yang telah selesai dibaca adalah " Kitchen ", " Chicken Soup For The Teenage Soul III " dan " It's Not How Good You Are, It's How Good You Want To Be ". Masih ada satu buku yang lagi dibaca sekarang yaitu " The 7 Habit Of Highly Effective People ". Semoga bisa cepat diselesaikan membacanya dan bisa diterapkan ilmunya. Amien. Hmm... Saat membaca " Chicken Soup For The Teenage Soul III " ada banyak kata-kata mutiara (ya iyalah!) dan ada satu kata mutiara yang sangat mengena bagi saya. Seandainya mereka mau menerimaku apa adanya Vincent Van Gogh Di sini maksudnya mengena adalah mengenai ungkapan Vincent Van Gogh tersebut yang ditujukan untuk dirinya sendiri bukan untuk saya pribadi. Alhamdulillah saya memiliki keluarga, teman-teman dan lingkungan yang mau menerima saya apa adanya. Saya sangat bersyukur ak...

Special Kind of Something

Special Kind of Something Kavana                         Link Download Somebody said that I would make it big Somebody said that I would be the kid to go all the way to go all the way My daddy said learn and you will go far You've got to reach out for the highest star That's what he said so that's what I did... And nobody said that I would feel this pain Nobody said that I would feel this way And I need to explain...       CHORUS :       I've got something to give,       I need someone to hold,       I need a special kind of something       Coz I dont wanna be alone...       I've got to learn how to love,       I need to know how to care,     ...

My Personality Test Result

I tried this personality test on  http://personality.visualdna.com/ I am a Harmonizer . Harmonizer means a mediator who brings one thing into harmonious agreement with another. Spirit: You're a Harmonizer. Loyal and honest, you're generous with your time and know how to support your friends. You value one-on-one time with your inner circle and have a few close friends who you can truly rely on. Reliable and trustworthy, you seek harmony and balance in your life. You forge strong, long-lasting friendships, and your friends value your honesty and frank opinions. You tend to value routine and security. You know how to take the good with the bad. Your balanced attitude means life feels pretty good and you're comfortable in your own skin.   When it comes to improving things in your life, why would you say no to extra cash? It would be great to treat the family whenever you feel like it. The trick is to be disciplined about budgeting. If you...