Selasa, 09 November 2010

ELT

Minggu kemarin 7 November 2010, saya mengikuti sebuah acara yang bernama ELT “Engineering Leadership Training”. Di dalam acara ini kita dilatih agar bisa menjadi seorang pemimpin, baik untuk diri sendiri atau pun orang lain. Nah hari minggu kemarin saya tidak bisa ikut penuh karena ada praktikum property material. Jadi saya baru bisa datang di acara ini setelah istirahat. Kira-kira di bawah ini adalah resumenya.

Pursuit of Excellence in Education
“Introducing Total Mind Learning”

Semua manusia ini memiliki alam sadar dan alam bawah sadar. Alam sadar ini berada di dalam kehidupan kita sebanyak 20%. Dan alam bawah sadar ini ada sebanyak 80%. Salah satu contoh dari alam sadar adalah IQ (Intelligence Quotient). Jika kita memiliki nilai IQ yang rendah berarti kita kurang memaksimalkan alam sadar kita. Begitu pun halnya dengan mengingat pelajaran di dalam kelas, setelah keluar kelas kita biasanya tidak bisa mengingat semua apa yang baru saja dijelaskan oleh dosen. Itu pun karena kita juga kurang memaksimalkan pikiran alam sadar kita.

Pada suatu survey yang menanyakan tentang “Apa keinginanmu di masa yang akan datang?” dari 100 orang responden terdapat 80 orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan itu dan 20 orang lainnya bisa menjawab pertanyaan tersebut. Saat ke dua puluh orang tersebut di Tanya lebih mendetail tentang keinginan mereka hanya 4 orang yan bisa menjawab dan 16 lainnya tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Sebenarnya perbedaan antara 4 orang itu dengan 16 orang lainnya adalah mereka mengetahui secara detail apa yang mereka inginkan dan dengan usaha apa mereka dapat mencapai keinginan mereka itu. Dan caranya adalah:

1. Specify
Kita harus menentukan apa keinginan kita. Dan specify ini dibagi menjadi 5 yaitu:
a. Specific = kita harus mengetahui keinginan kita dengan spesifik
b. Measurable = apa parameter dari tercapainya keinginan kita? “You can’t fix thing unmeasurable”
c. As if now = pastikan bahwa keinginan itu berasal dari diri sendiri, bukan dari orang lain.
d. Realistic = cara untuk mencapainya harus realistis, contohnya kalau kita hanya mampu belajar 3 jam kita jangan memaksakan diri untuk belajar 7 jam.
e. Time = kita harus memberikan tenggat waktu hingga tercapainya keinginan kita tersebut.
f. List Do and Don’ts = Setelah kita mengetahui dengan jelas apa keinginan kita, sekarang kita harus membuat List Do and Don’ts. Mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat dan menambah kegiatan yang bermanfaat.

2. Omission
Kita harus komitmen dengan diri sendiri. Mulai belajar untuk memilih dan memilah.

3. Improvement
Hal-hal yang harus mulai kita tingkatkan:
a. Memori
b. Konservasi
c. Daya baca
d. HRD: Intuisi, kreatif

4. Let out!

ayo kita mulai merubah diri kita menjadi lebih baik lagi.
Semangat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar